Ailen Rossananda

Ailen Rossa Nanda, lahir di Bukittinggi pada hari Minggu tanggal 6 April 1969. Merupakan anak kedua dari enam bersaudara. Menempuh pendidikan dasar di kota kela...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU MILENIAL TAK HENTI BELAJAR
Lomba menulis media guru

GURU MILENIAL TAK HENTI BELAJAR

Oleh: Ailen Rossa Nanda

Guru milenial merupakan guru yang mengajar siswa milenial di era milenial. Dikatakan siswa milenial karena lahir diantara tahun 1980 sampai saat ini. Kehidupan di era milenial ini akan menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan kehidupan modern yang penuh teknologi dan keriuhan dunia maya. Kapan itu terjadi? Saat ini!

Mari kita samakan persepsi bahwa kita adalah guru milenial. Hal yang tidak dapat ditawar dari era milenial ini adalah penggunaan teknologi informasi. Teknologi ini memberi kemudahan akses tanpa batas ruang, jarak dan waktu. Semua harus melek teknologi, apalagi guru.

Banyak keluhan yang bermuncuan ketika guru dituntut untuk melek teknologi. Tanpa malu dan segan menyatakan kalau daya ingat lemah, sudah tua, gagap teknologi dan alasan lain yang melemahkan diri sendiri. Tidak seharusnya keluhan itu muncul dari guru milenial, jika disadari bahwa teknologi tidak pernah mempersulit kita. Teknogi itu malah mempermudah kita.

Teknologi di era revolusi 4.0 ini ditandai dengan penggunaan jaringan internet atau dikenal dengan dunia maya. Mau tidak mau guru di era ini harus mau belajar untuk memanfaatkan teknologi ini. Apalagi di saat merebaknya covid-19 ini. Penggunaan teknologi informasi dunia maya tidak dapat dielakkan. Seluruh nusantara bahkan dunia melaksanakan pembelajaran daring.

Apa yang harus dilakukan oleh guru? Belajar, belajar dan belajar. Saat pandemi ini, semua kegiatan berkumpul seperti seminar, MGMP dan diklat ditiadakan. Sementara pembelajaran harus tetap dilaksanakan. Disinilah kreativitas guru dituntut.Tetap pada kerendahdirian, mengklaim diri gaptek? atau belajar mandiri untuk tetap dapat mendidik generasi milenial. Berikut saran yang dapat dilakukan guru untuk tetap mengajar:

1. Membuat Whatshap Group

Ini merupakan hal yang paling ganpang dilakukan. Saat ini tidak ada lagi guru yang tidak memiliki android. Android sudah menjadi kebutuhan pokok laksana dompet. Android memiliki banyak aplikasi. Yang paling populer yaitu whatshap. Setiap guru pasti memiliki group whatshap. Guru tinggal menambah group saja yaitu group kelas, atau group mata pelajaran.

2. Membuat Akun Google Drive

Mempunyai akun google memberi banyak manfaat bagi kita. Akun google dapat dibuat di android, sama seperti membuat akun facebook. Jika sudah memiliki akun google banyak kemudahan yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring.

a. Google Classroom

Merupakan aplikasi pembelajaran daring yang dapat memudahkan guru untuk melaksanakan pembelajaran daring. Guru dapat mengupload materi, video pembelajaran, tugas-tugas. Siswa kapan dan dimana saja dapat belajar, berkonsultasi dan mengirim tugasnya. Sebagai umpan balik, guru dapat mengirimkan koreksi dan nilai siswa.

b. Google form

Merupakan formulir yang dapat memudahkan guru untuk mengumpulkan data banyak siswa. Formulir ini dapat digunakan untuk daftar hadir, kuisioner, ulangan dan pengumpulan data lainnya. Siswa kapan dan dimana saja dapat mengisinya.

c. Quizzis

Merupakan aplikasi yang dapat memudahkan guru untuk mengadakan ulangan, quiz dan games edukasi. Tampilan quizzis ini lebih menarik dan menggunakan musik. Siswa mengerjakan ujian serasa main games.

d. Kahoot

Hampir sama dengan quizziz, aplikasi untuk mengikuti qiuz, ujian, kuisioner tapai untuk diikuti oleh banyak peserta sekaligus. Kecepatan menjawab peserta terdata langsung dan dapat dibuat untuk pemeringkatan.

e. Bitly.Com

Merupakan aplikasi untuk mempersingkat URL/ tautan link yang akan dibagikan kepada siswa/guru. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru yang membuat akan mudah mengenali link yang dibagikan.

3. Zoom meeting, jitsimeet dan webex

Merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk bertatap muka di dunia maya. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh lebih dari 100 orang partisipan. Demikian juga dengan jitsimeet dan webex. Aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan di laptop maupun android.

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi-aplikasi di atas? Belajar dan belajar. Saat ini banyak sekali diklat daring dan webinar yang dapat diikuti secara gratis dan berbayar. Banyak orang hebat yang mau berbagi di tengah pandemi ini. Guru harus gigih dan kreatif menggali ilmu secara mandiri dengan ujung jari.

Biodata:

Ailen Rossa Nanda, M.Pd. lahir di Bukittinggi pada tanggal 6 April 1969. Menggemari dunia baca tulis sedari kecil. Sudah lama bermimpi ingin punya buku sendiri. Alhamdulillah mimpi terwujud diusia 48 tahun setelah mengikuti MWC di Bukittinggi. Tak ingin ilmu yang didapat sia-sia, menularkannya pada siswa dan membimbing siswa hingga menerbitkan buku juga.

Sampai sekarang telah menerbitkan lima buku dan membimbing siswa menulis sehingga menerbitkan 8 buku. Selalu menyempatkan untuk menulis dengan ikut tantangan gurusiana. Karena menulis, pernah menjuarai lomba menulis diantaranya: Juara 1 Menulis Resensi tingkat Provinsi Sumatera Barat, Juara 1 Menulis karya ilmiah tingkat Kab. Agam, finalis lomba inobel tingkat Nasional. Selain itu juga telah menerbitkan PTK dalam jurnal pendidikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap guru milenial

05 Jul
Balas

Makasih

08 Jul

Mantap bu

04 Jul
Balas

Makasih sudah mampir

04 Jul

Wah, keren banget, bun

04 Jul
Balas

Makasih, salam literasi

04 Jul

Keren bunSukses selalu

04 Jul
Balas

Makasih apresiasinya

04 Jul

Masya Allah keren Bu, semoga bisa mengikuti jejak semangat Ibu

04 Jul
Balas

Aamiin, makasih sudah mampir.

04 Jul

keren buu... semoga menjaadi salah satu pemenang, Aamiin...

04 Jul
Balas

Keren bunda. Dari tulisan ini terbaca pula Bunda semangat belajarnya luar biasa. Semoga saya bisa mengikuti jejak Bunda.

04 Jul
Balas

Alhamdulillah.. semangat ya..

04 Jul

Keren...

04 Jul
Balas

Makasih

04 Jul



search

New Post